Jumat, 15 Januari 2010

Mencegah Kerusakan Pendengaran Telinga Kita


Konser musik rock, sirene darurat dan kekuatan mesin pemotong memiliki satu kesamaan yaitu semuanya memliki kontribusi secara langsung dan bertahap terhadap kerusakan permanen dari salah satu organ yang paling indah dan sempurna dalam tubuh kita yaiut; TELINGA.

Pada saat ini, musik atau bermusik merupakan bagian dari hidup kita. Penggunaan alat-alat musik yang dapat menimbulkan suara keras merupakan salah satu penyebab rusaknya pendengaran kita.

Lahirnya Ponsel-ponsel musik memicu lebih cepat terjadinya kerusakan dalam pendengaran kita. Musik dalam ponsel mengizinkan pengguna untuk mengubah volume tinggi tanpa distorsi. Lebih buruk lagi, suara disampaikan jauh lebih dekat ke gendang telinga dan dapat menyebabkan kerusakan lebih cepat.

Menurut hasil penelitian terakhir di Amerika, terdapat lebih dari 28 juta orang telah kerusakan pendengaran mulai dari ringan sampai parah. Para ahli memperkirakan 78 juta orang akan kehilangan pendengaran pada tahun 2030.

Kehilangan pendengaran merupakan suatu kerugian, apalagi kalau terjadi pada saat usia kita masih muda. Namun demikian kita bisa mencegahnya dengan meminimalkan penyebab-penyebabnya.

Mungkin sudah waktunya untuk sedikit berhati-hati, memilih secara bijaksana apa yang kita gunakan dan menghargai kehidupan ini secara baik, pad saat kita masih bisa mendengar apa yang terjadi di sekitar kita. Sebuah awal yang baik adalah untuk meminimalkan penggunaan alat-alat yang menggunakan listrik yang sangat familiar dengan kehidupan kita sehari-hari seperti pengering rambut, pemotong rumput.

Tidak ada komentar: