Kamis, 10 Desember 2009

Puting Payudara yang Tenggelam?


Bagi wanita dimanapun, selain rambut, payudara merupakan mahkota yang sangat penting untuk dijaga. Oleh karena itu jika terjadi perubahan akan sangat mengkhawatirkan baik bagi kesehatan maupun bagi penampilan.

Puting dan areola bervariasi dalam bentuk, ukuran dan warnanya. hal yang wajar dalam perubahan puting ketika ia berubah dalam menanggapi perubahan hormon yang terjadi pada saat pubertas , kehamilan dan menyusui.
Beberapa perubahan yang terjadi pada puting payudara diantaranya adalah puting yang masuk ke dalam atau tenggelam. Hal ini dinamakan dengan inverted nipple (puting tenggelam).

Beberapa perubahan yang terjadi pada puting payudara:

1. Puting Tegak ( Everted Nipples)
Biasanya terjadi karena adanya pengangkatan pada jaringan tengah areola, hal ini bisa dikatakan normal walaupun terjadi pada suhu tubuh yang dingin.

2. Retracted Nipples (puting terbalik)
Puting payudara terlihat melekuk kedalam atau ke bawah, tidak berdiri di atas permukaan payudara. Puting terbalik ini merupakan hal yang normal terjadi pada sebagian wanita dan tidak berarti kita terkena kanker payudara. Untuk mengembalikan pada posisinya dapat dilakukan beberapa ransangan. hal ini penting dilakukan untuk menjaga kondisi puting tepat pada posisinya yang normal.

3. Puting Tenggelam (Inverted Nipples)
Puting tenggelam atau tertarik kedalam terjadi karena perubahan dalam struktur puting.
Penyebab yang umum dari terjadinnya puting tenggelam adalah penuaan, perubahan pada saluran ekstasia atau yang lebih mengerikankarena adanya kanker payudara.

Jika hal tersebut terjadi ada baiknya kita mengkonsultasikannya apa penyebab terjadinya hal tesebut. Jangan panik dulu dengan menganggap telah terjadi kanker payudara.
Pemeriksaan yang komprehensif akan memberikan kita informasi yang benar. sehingga kita juga dapat melakukan hal yang tepat dalam menghadapinya.

Semoga Bermanfaat...

Tidak ada komentar: