Jumat, 15 Januari 2010

Butuh 30 Jam untuk Meningkatkan Kemampuan Otak


Menurut ahli syaraf Michael Merzenich, diperlukan hanya 30 jam dengan metode berbasis pelatihan untuk mendorong perubahan-perubahan yang menakjubkan dalam otak kita. Anak-anak dengan gangguan belajar mampu meningkatkan:

• Memori dan kognisi
• Pidato produksi
• Membaca

Dengan kata lain, mereka mampu "memperbaiki" otak mereka dengan pelatihan sehingga otak dapat berfungsi lebih baik menyangkut bahasa, ingatan, berbicara dan keterampilan dasar lainnya. Lebih lanjut, latihan ini juga bekerja pada orang dewasa. Setelah hanya 30 jam pelatihan, orang tua ditingkatkan:

• Memori saat ini
• Memori lama
• Perhatian
• Bahasa
• Visio-keterampilan spasial

"Pelatihan otak" yang dimaksud Merzenich adalah sangat efektif karena otak kita sebenarnya sangat banyak seperti otot dalam tubuh kita. Artinya, struktur otak kita berubah seiring waktu jika diberikan pelatihan yang tepat.

Dan berlanjut untuk merangsang dan menantang otak Anda saat Anda semakin tua mungkin mempromosikan pertumbuhan - seperti halnya latihan membangun otot.

Ini berarti bahwa sebaliknya juga berlaku, bahwa penggunaan narkoba, gizi buruk atau serangan lain pada otak Anda bahkan di masa dewasa dapat mengganggu otak Anda penuh pembangunan. Tapi otak Anda sangat tangguh dan bahkan mampu tumbuh sel-sel baru untuk memperbaiki sendiri.

Delapan Tips untuk "Mengaktifkan" Otak Kita

Salah satu metode yang paling sederhana, seperti ditunjukkan Merzenich dalam berbicara, adalah untuk terus belajar.

Orang sering membandingkan otak kita dengan sebuah komputer, tetapi ada perbedaan penting. Ketika hardware komputer tidak berubah, ukuran dan struktur neuron dan hubungan di antara mereka benar-benar berubah ketika kita belajar.
Pelatihan ini dapat dilakukan dalam berbagai bentuk meliputi kegiatan seperti bepergian, belajar memainkan alat musik atau berbicara bahasa asing, atau berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan sosial dan masyarakat.

Metode penting lain adalah aerobic Otak. Sebagaimana belajar, menantang pikiran otak kita dengan latihan-latihan dapat menjaga otak kita sehat sebagaimana usia kita.
Ini dapat dilakukan secara sederhana seperti mencari orang-orang terkenal yang nama pertama dimulai dengan huruf A, mengerjakan teka-teki silang atau bermain papan permainan yang membuat kita terus berpikir.

Satu langkah lebih jauh, kita juga dapat mengubah gaya hidup untuk meningkatkan kesehatan otak kita dengan membuat perubahan berikut:

1. Mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak omega-3.
Omega -3 asam lemak eicosapentaenoic (EPA) dan asam dokosaheksaenoat (DHA) menjaga kadar dopamin di otak kita tetap tinggi, meningkatkan pertumbuhan neuronal korteks frontal otak kita, dan meningkatkan sirkulasi serebral. Minyak krill merupakan sumber omega-3, dan bahkan mungkin lebih unggul dari minyak ikan.

2. Latihan.
Latihan dapat mendorong otak kita bekerja pada kapasitas optimal dengan menyebabkan sel-sel saraf untuk memperbanyak, memperkuat interkoneksi mereka dan melindungi otak dari kerusakan.

3. Cukup Tidur.
Selama tidur dimana energi mental kita dipulihkan, dan kurang tidur dapat menyebabkan otak kita berhenti memproduksi sel-sel baru.

4. Makan makanan yang sehat.
Seperti bagian tubuh Anda, otak Anda tergantung pada makanan sehat berfungsi. Sementara protein adalah sumber utama bahan bakar bagi otak Anda, vitamin dan mineral dari sayuran segar juga penting, seperti membatasi gula.

5. Mendapatkan cukup sinar matahari.
Ini akan membantu kita menjaga kadar vitamin D yang optimal. Para ilmuwan sekarang mulai menyadari vitamin D yang terlibat dalam mempertahankan kesehatan otak kita, karena mereka baru-baru ini menemukan reseptor vitamin D di dalam otak, urat saraf tulang belakang, dan sistem saraf pusat.

Bahkan ada bukti yang menunjukkan vitamin D meningkatkan proses detoksifikasi otak kita. Untuk anak-anak dan wanita hamil, mendapatkan cukup vitamin D adalah sangat penting, karena dapat memainkan peran penting dalam melindungi otak bayi dari autisme.

6. Matikan TV.
Membiarkan anak-anak di bawah usia 3 tahun untuk menonton televisi dapat merusak linguistik mereka dan pembangunan sosial, dan hal itu dapat mempengaruhi kimia otak juga.

7. Melindungi otak dari ponsel.
Studi terbaru menemukan bahwa pengguna ponsel 240 persen lebih rentan terhadap tumor otak, dan sebuah studi kembali pada tahun 2004 menemukan bahwa risiko kita terkena akustik Neuroma (tumor pada saraf pendengaran) adalah hampir empat kali lebih besar di sisi kepala di mana telepon Anda yang paling sering diadakan.

8. Hindari makanan yang mengandung pemanis buatan dan zat aditif.
Zat-zat seperti aspartam (Nutrasweet), warna buatan dan MSG, yang umum dalam makanan olahan, dapat merusak otak. Misalnya, banyak mengkonsumsi aspartam dapat menghambat kemampuan enzim dalam otak Anda untuk berfungsi secara normal, dan dosis tinggi dapat mengakibatkan pemanis neurodegeneration.

Merupakan hal yang sangat sederhana untuk dilakukan, tidak tergantung usia anda berapa.

Tidak ada komentar: