Sabtu, 30 Januari 2010

Kenalkan Rutinitas Tidur Malam pada Bayi


Bayi yang baru lahir seringkali memiliki rutinitas tidur yang belum seirama dengan orang dewasa pada umumnya. Hal itu kerap membuat orangtua
merasa lelah, pasalnya bayi lebih banyak tidur di siang hari. Kemudian, terjaga di malam hari.
Mengatur agar cahaya ruangan tetap temaram, merupakan salah satu cara mengenalkan malam hari pada bayi. Atur juga nada bicara Anda lebih rendah dan pelan pada malam hari dibanding siang hari.
Ada beberapa hal lain yang bisa dilakukan orangtua untuk mengenalkan rutinitas tidur di malam hari pada bayi. U.S. National Library of Medicine memberikan saran-sarannya, antara lain:

Jangan berikan botol susu pada bayi Anda di tempat tidur. Pastikan botol susu yang diberikan terakhir kali dalam jumlah secukupnya sebelum waktu tidur.
Nikmati waktu tenang bersama bayi Anda.
Letakkan bayi di tempat tidurnya saat dia mengantuk, jangan saat dia sudah benar-benar tidur. Dengan cara itu, bayi Anda terbiasa untuk tertidur sendiri.
Ketika bayi menangis, bicaralah dengan nada suara yang menenangkan. Atau, usap punggungnya hingga dia tenang. Jangan angkat bayi dari tempat tidurnya.
Hindari menyalakan lampu ketika Anda menyusui atau memberi susu saat tengah malam.
Apapun rutinitas yang Anda perkenalkan pada bayi, pastikan Anda melakukan secara konsisten. Lakukan rutinitas yang membuat Anda dan bayi sama-sama bisa menikmatinya.
Jika memungkinkan, jangan tidur bersama bayi berusia dibawah 12 bulan. Hal itu dilakukan untuk mencegah risiko kematian bayi kematian mendadak sudden infant death syndrome

gambar : babysleeptonight.com
sumber : republika

Tidak ada komentar: