Kamis, 10 Desember 2009

Mencegah Flu Semudah Menghitung 1,2, 3, ...


Musim hujan atau masa pergantian musim adalah saat dimana kebanyakan orang mengalami penurunan kesehatan atau bahkan jatuh sakit. Penyakit yang paling umum adalah penyakit flu atau Pilek.

Flu adalah penyebab utama seringnya kita melakukan kunjungan ke dokter, flu juga merupakan alasan utama kita absen kerja maupun bolos dari sekolah. Tidak hanya terjadi di Indonesia, di Amerika penderita flu dan pilek hampir sekitar satu miliar setiap tahunnya, WOW jumlah yang sangat mengagetkan....

Bagaimana orang mulai terserang Flu?

Menurut studi yang dipublikasikan oleh CBS News; jika secara tiba-tiba anda menggigil, demam, batuk, filek atau merasa tidak enak badan, maka ini merupakan awal dari gejala Flu. Jangan panik dulu, hampir 17 persen kebanyakan dari gejala ini disebabkan oleh influensa, selanjutnya yaitu sekitar 83-97 persen karena pengaruh virus atau bakteri. walaupun tampaknya kita terserang Flu, pada kenyataannya tidak demikian.

Ketika kita mulai terserang gejala ini, kebanyakan dari kita mulai menghentikan aktivitas , tinggal di rumah atau bahkan kita tiduran di kamar seharian sehingga menghabiskan banyak waktu untuk tidak terkena sinar matahari. hal ini menyebabkan asupan vitamin D langsung dari matahari menjadi berkurang. Kecenderungan ini juga bisa menularkan virus kepada orang-orang terdekat kita yang berada di rumah.

Penyebab Utama Flu dan Pilek

Kebanyakan orang menganggap bahwa penyebab utama Flu dan pilek adalah bakteri sehingga mereka menggunakan antibiotik untuk menyembuhkannya. padahal penyebab utama flu dan pilek adalah virus sehingga penggunaan antibiotik untuk penanganan virus adalah cara yang kurang tepat dansama sekali tidak efektif.

Ukuran virus lebih kecil dari bakteri dan mempunyai struktur yang sama sekali berbeda sehingga membuat antibotik tidak berguna (Kadang-kadang diperlukan antibiotik jika adan infeksi sinus bakteri sekunder atau bronkitis atau radang paru-paru, tetapi hal ini jarang sekali terjadi dan pengecualian yang sangat langka)

jadi apa sebenarnya penyebab flu dan pilek?

Jawabanya sangat sederhana dan pendek yaitu bahwa terjadi gangguan sistem kekebalan tubuh. dari beberapa penelitian mengenai flu dan pilek, sampai hari flu dan pilek merupakan gejala dari defisiensi vitamin D. Kurang optimalnya vitamin D secara signifikan mengganggu resoon imun kita dan membuat kita jauh lebih rentan terkena gejala flu, pilek dan penyakit pernapasan lainnya.

Ada banyak hal yang menyebabkan terganggunya sistem imun, tapi secara umumnya dalah karena hal berikut:
  • Kekurangan vitamin D
  • Makan makanan yang banyak mengandung gula dan biji-bijian
  • tidak cukup tidur
  • tidak cukup bergerak atau latihan
  • kurang mampu mengelola emosi dan stress dalam hidup
  • dan kombinasi dari hal-hal di atas
Cara yang paling ampuh untuk menyembuhkan flu dan pilek adalah Vitamin D
Vitamin D merupakan senjata yang menakjubkan dalam menaklukan mikroba atau efektid sebagai agen anti mikroba yang sangat efektif. Vitamin menghasilkan 200-300 peptida anti mikroba yang berbeda dalam tubuh yang efektif membunh bakteri, virus dan jamur.
Sumber terbaik vitamin D adalah paparan sinar matahari langsung.

Selanjutnya selain asupan vitamin D, ada baiknya kita melakukan pengaturan nutrisi, cukup istirahat atau tidur, melakukan pergerakan atau latihan. Hal tersebut merupakan cara yang efektif dalam menjaga sistem kekebalan tubuh.

Sungguh begitu mudah kan? .....

semoga bermanfaat...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda Punya Komentar Silahkan Tulis: