Rabu, 02 Desember 2009

Mainan Anak Berbahaya


Hati-hatilah dengan mainan anak anda!!!
Jika anda mempunyai beberapa mainan anak produk impor, maka sebaiknya anda baca artikel saya dibawah ini:
Beberapa mainan yang cukup terkenal yang beredar di pasaran Amerika Serikat pada tahun 2009 sepertiganya mengandung bahan kimia berbahaya. Bahan kimia tersebut adalah timah, kadmium, arsenik, dan merkuri.

Sebagaimana hasil penelitian lembaga nirlaba "Ecology Center", yang dipublikasikan dalam webnya www.HealthyStuff.org., dari sekitar 700 mainan yang diperiksa sebelum musim belanja Natal didapatkan 32 persen mainan tersebut berisi satu atau lebih bahan kimia beracun.


Kandungan timah pada mainan beragam, dan tujuh persen mainan berisi lebih dari 40 bagian per juta (ppm). Angka itu tingkat tertinggi yang disarankan oleh American Academy of Pediatrics pada 2007.

Di antara mainan dengan kandungan timah yang dapat dideteksi ialah "Barbie Bike Flair Accessory Kit", "Dore the Explorer Activity Tote" dan "Kid's Poncho" yang dijual oleh pertokoan Wal-Mart, kata Ecology Center, yang berpusat di Michigan.

Studi itu, yang menggunakan penganalisis fluoresecence sinar-x jinjing, juga mendapati kandungan kadmium lebih besar dari 100 ppm pada 3,3 persen --atau 22-- dari produk yang diperiksa dan kandungan arsenik melebihi 100 ppm pada 1,3 persen--atau sembilan-- di antara mainan itu.

Selain kandungan timahdan kadmium penelitian tersebut mengatakan mereka telah menemukan bahwa 42 persen mainan yang diperiksa berisi PVC.

"PVC adalah plastik yang paling buruk dari sudut pandang kesehatan lingkungna hidup karena zat itu menciptakan bahaya besar pada pabrik, kehidupan produk dan limbahnya, dan dapat berisi bahan tambahan yang berbahaya bagi kesehatan manusia," kata studi tersebut.

Untuk kehati-hatian kita maka sebaiknya kita memahami apa saja yang boleh dan tidak boleh terkandung dalam mainan anak kita.

Semoga bermanfaat....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda Punya Komentar Silahkan Tulis: